Minggu, 21 April 2024 WIB

Para Tamu VVIP Tinggalkan Labuan Bajo, Satgas Pamwil KTT ASEAN Sukses Laksanakan Tugas

Administrator Administrator
Para Tamu VVIP Tinggalkan Labuan Bajo, Satgas Pamwil KTT ASEAN Sukses Laksanakan Tugas

17MERDEKA|Usai melaksanakan beberapa agenda KTT ASEAN ke 42 di hari kedua ini, para Kepala Negara yang merupakan tamu VVIP telah kembali ke negaranya masing-masing melalui Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, pada Kamis (11/5/2023).

Keberangkatan diawali dari Perdana Menteri Kamboja, Perdana Menteri Laos, Perdana Menteri Singapura, Sultan Brunei Darussalam, Perdana Menteri Malaysia, Presiden Philipina, Perdana Menteri Timor Leste, Wakil Perdana Menteri Thailand, Perdana Menteri Vietnam, Presiden Republik Indonesia, serta diakhiri Sekjen ASEAN.

Kembalinya para tamu kenegaraan tersebut mengiringi kesuksesan dan keberhasilan perhelatan KTT ASEAN ke 42. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya event bertaraf internasional ini. Kerja keras tersebut membuahkan hasil yang sangat optimal dalam mengharumkan nama bangsa dan negara, termasuk pada kesuksesan Satuan Tugas dari Kodam IX/Udayana yang tergabung dalam Satgas Pamwil dan Evakuasi.

Dibawah pimpinan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Dansatgas Pamwil, para personel Satgas Pamwil memiliki andil besar dalam keberhasilan pengamanan, mulai dari kedatangan VVIP hingga akhir perhelatan KTT ASEAN ke 42. Satgas Pamwil yang terbagi dalam beberapa Sub Satgas dan Unsur Pendukung bertanggung jawab melaksanakan pengamanan dan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Seperti pada saat kedatangan VVIP dari Bandara menuju Hotel. Sub Satgas Pam Rute yang dipimpin oleh Kolonel Inf Samsul Huda, S.E., M.Sc., bertanggung jawab dalam mengamankan rute yang dilalui oleh para tamu VVIP. Demikian halnya pengamanan yang dilakukan di hotel, Pasukan Sub Satgas Pam Hotel/Penginapan yang dipimpin oleh Kolonel Inf Salim melaksanakan pengamanan VVIP, baik di Ring II maupun Ring III di masing-masing akomodasi hotel yang telah disiapkan.

Begitu pula dengan Sub Satgas Lalu Lintas dan Parkir (Lakir) yang bersinergi dengan pihak Kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas pada saat para tamu VVIP melaksanakan perjalanan di rute yang telah ditentukan. Dibawah pimpinan Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Novem Janri Rajaguguk, S.H., M.Th., Sub Satgas Lakir juga telah mengatur ketertiban pemarkiran seluruh kendaraan yang digunakan oleh tamu VVIP.

Selain itu, seluruh agenda KTT ASEAN ke 42 di Hotel Meruorah maupun acara jamuan santap malam (Gala Dinner) di Ayana Komodo Waecicu Beach serta Konfrensi Pers di Hotel Bintang Flores, juga sukses diamankan. Pasukan Sub Satgas Tempat Kegiatan yang dipimpin oleh Kolonel Inf Herwin Rizayan terbagi dalam beberapa obyek kegiatan yang dikunjungi tamu VVIP.

Dalam pelaksanaannya, seluruh proses kegiatan Satgas Pamwil maupun Satgas Evakuasi dari Kodam IX/Udayana telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan arahan Pangdam IX/Udayana. Hal tersebut dilakukan dengan optimal, sebab pihaknya bertanggung jawab mengamankan perhelatan berskala internasional yang menjadi sorotan seluruh dunia.

Pengadopsian kesuksesan pada kegiatan KTT G20 juga menjadi acuan keberhasilan dalam tugas pengamanan KTT ASEAN ke 42. Dengan moril, dedikasi dan loyalitas yang tinggi, para personel yang terlibat juga tidak ada yang melakukan pelanggaran sekecil apapun. Selain itu, soliditas dan sinergitas dengan Polri juga menjadi kunci dasar kesuksesan perhelatan KTT ASEAN ke 42.(17M.05/*)

Wartawan 17merdeka.com adalah yang namanya tercantum di susunan Redaksi. Segala proses peliputan yang diterbitkan oleh media online 17merdeka.com harus menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers. Hubungi kami: redaksi.17merdeka@gmail.com
Komentar
Berita Terkini