Kendati PPKM Darurat

Masjid di Medan Tetap Salat Idul Adha dan Sembelih Hewan Qurban

Administrator Administrator
Masjid di Medan Tetap Salat Idul Adha dan Sembelih Hewan Qurban
17merdeka.com

17MERDEKA, MEDAN - Kendati masih dalam situasi PPKM Darurat, hampir seluruh masjid dan mushola yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan tetap melaksanaan Dalat Idul Adha sekaligus dengan penyembelihan hewan qurban, Selasa (20/7/2021).

Dari pantauan hampir seluruh masjid besar, sedang, maupun kecil serta mushola yang ada di Kota Medan, terpantau tetap melaksanakan kegiatan ibadah salat Idul Adha di antara waktu pukul 07.15-07.45 Wib, kemudian dilanjut pukul 09.00 Wib, menyembelih hewan qurban yakni Sapi dan Kambing.

Seperti yang dilakukan oleh Pengurus BKM Baiturrahman di Jalan Dwikora III Marindal Medan, Salat Idhul Adha 1442 Hijriah dipimpin Imam Al Ustad Muhyidin Nasution SPdI, sekaligus menjadi khatib menyampaikan khutbah Idhul Adha.

Ustad Muhyidin Nasution menyampaikan, meski masih dilanda pandemi Covid-19 namun sebagai umat umat muslim harus tetap menjalankan perintah agama seperti memperbanyak sedekah, doa, istighfar, sholawa, zikir dan memperbanyak membaca Al'Quran dengan berharap kepada Allah SWT.

"Semoga musibah Covid-19 segera berlalu, situasi kembali normal dan sebaiknya kita mengambil hikmah dari musibah ini agar kita semakin dekat kepada Allah Taala," kata Ustad Muhyidin Nasution.

Sementara, penyembelihan hewan qurban oleh BKM Baiturrahman Jalan Dwikora 3 terdiri dari 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Hal itu dibenarkan Ketua BKM BaiturrahmanH Diurnawan QP.

Sementara itu, salat dan penyembelihan hewan qurban juga terpantau dilaksanakan oleh pengurus Masjid Asy Syafi“iyah Jalan Guru Sinumba Raya Nomor 1 Helvetia Timur Kota Medan. Di mana pada Selasa pagi tadi, Salat Ied diimami Al Hafidz Mahmud Cholil Shofa Siagian dan Khatib H.Agus Muzani,Lc dan diakhiri penyembelihan 9 sapi dan 14 kambing dan didistribusikan 650 bungkus kepada yang berhak.

Di Masjid Raya Baiturrahman Jalan Merica Raya Perumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Deliserdang, kata Ketua BKM Baiturrahman Drs Suheri Siregar, Salat Ied dengan Imam dan Khatib Ustad Muammar Husni.SPdI serta hewan qurban terdiri 8 sapi dan 1 ekor kambing.

Di Masjid Ar,Rivai Jalan Sisingamangaraja Medan Amplas, sebut Ketua BKM Ar Rivai Drs H.Ikrom Helmi Nasution, Salat Ied telah dilakukan dengan Imam Qori Muarif Gusdriansyah dan Khatib ,Ustad Dr.H.Zulheddi,Lc,MA, dosen UIN Sumut.

Usai sholat dilanjut penyembelihan.hewan qurban terdiri 3 ekor Sapi.

Sementara itu salat dan penyembelihan hewan qurban juga dilaksanakan di Masjid Al Muhajirin Komplek Perumahan TPI Ringroad Pasar 2 Tanjung Sari Medan dengan imam dan Khatib Ustaz Muhammad Permana SPdI, dilanjut penyembelihan 24 sapi dan 7 domba.

Hal yang sama juga dilakukan di Madjid Munnawaroh Jalan Sukacerdas Medan Johor sebagai Imam dan Khatib Sholat Ied Ustad Iqbal Al Banjari. Namun untuk pemotongan hewan qurban akan dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021 yakni 10 Sapi dan 5 Kambing kata Ketua BKM Ustad H.Arifin.S.Ag.

Secara umum di Kota Medan, pelaksanaan Salat Idhul Adha dan penyembelihan hewan qurban tetap berlangsung dan terlaksana dengan baik didukung cuaca cerah dan tetap mempedomani prokes. (17M.05)


Tag:
Berita Terkait
Wartawan 17merdeka.com adalah yang namanya tercantum di susunan Redaksi. Segala proses peliputan yang diterbitkan oleh media online 17merdeka.com harus menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers. Hubungi kami: redaksi.17merdeka@gmail.com
Komentar
Berita Terkini