Selasa, 18 Juni 2024 WIB

Pesona Danau Toba


Danau Toba, sekeping surga yang Tuhan titipkan di Sumatera Utara. Danau dengan bentang alam yang memukau, tempat hidup masyarakat yang bersahaja, dengan keunikan budayanya.

Danau Toba memang punya sejuta pesona dan keindahan. Diihat dari sudut manapun, ia akan menimbulkan decak kagum. Anugerah alam yang menawan berpadu dengan kultur budaya batak yang telah memiliki ciri khas tersendiri, menjadi penyermpurna maha karya anugerah Tuhan itu..

Danau Toba terbentuk lebih kurang 74 ribu tahun yang lalu. Terjadi akibat letusan dahsyat gunung api super volcano yang memicu perubahan iklim global dan berdampak besar bagi populasi manusia di seluruh dunia. Erupsi kaldera super volcano kemudian menyisakan bentang yang khas berupa sebuah danau vulkanik terbesar dengan ukuran panjang 90 m dan lebar 30 km. Danau yang berada pada ketinggian berkisar 904 meter di atas permukaan laut itu memiliki kedalaman hingga 505 meter.

Kawasan Danau Toba yang meliputi tujuh kabupaten, yakni Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Dairi, Karo, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan Kabupaten Simalungun. Terdapat empat etnis asli yang hidup di kawasan ini yaitu Batak Toba, Simalungun, Karo dan Pakpak

Danau Toba memiliki bermacam tempat indah. Mulai dari pantai, pegunungan pusuk buhit dan beberapa situs peninggalan sejarah suku Batak, yang masih terawat sampai hari ini.

Tidak hanya alamnya, kawasan wisata Danau Toba juga menawarkan keindahan budaya yang tersaji lewat tarian, pakaian, kuliner, ukiran dan sebagainya.

Salah satu maha karya suku Batak adalah ulos.Ulos memiliki peranan penting, karena  selalu digunakan dalam setiap upacara adat Suku Batak, mulai dari upacara adat perkawinan hingga kematian. Ulos pula merupakan tanda kasih sayang seseorang kepada keluarganya.

Danau Toba memang tiada duanya, kebanggan Indonesia. Pemerintah mendorong pengembangan dan pengelolaan potensi yang begitu besar ini untuk dikelola secara baik dan berkelanjutan. Agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan bangsa.
Kawasan Danau Toba telah dicanangkan sebagai satu dari empat destinasi 'Super Prioritas' di Indonesia.  

Selain itu, Danau Toba juga diusulkan sebagai Unesco Global Geopark atau taman bumi warisan dunia.  Dengan demikian Danau Toba, bukan hanya kebanggaan Indonesia namun juga menjadi kebanggan dunia.

Wartawan 17merdeka.com adalah yang namanya tercantum di susunan Redaksi. Segala proses peliputan yang diterbitkan oleh media online 17merdeka.com harus menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers. Hubungi kami: [email protected]
Komentar