Giliran Kapolsek Percut Seituan Dicopot

Administrator Administrator
Giliran Kapolsek Percut Seituan Dicopot
17merdeka.com
Giliran Kapolsek Percut Seituan Dicopot

17MERDEKA, MEDAN -Kapolsek Percut Seituan, AKP Jan Piter Napitupulu dicopot dari jabatannya dalam rangka pemeriksaan.

Dia dimutasi ke Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sumut.

Berdasarkan Surat Telegram (ST) Nomor : ST/705/X/KEP/2021, posisi Jan Piter Napitupulu digantikan Kompol Agustiawan, sebelumnya Kanit 3 Subdit IV Dit Reskrimum Polda Sumut.

"Iya betul, AKP Jan Piter Napitupulu dimutasi dalam rangka riksa," aku Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Kamis (14/10/2021).

Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Percut Seituan, AKP M Karokaro dicopot dari jabatannya. Iptu Doni Pance Simatupang yang sebelumnya menjabat Panit II, dipercayakan melaksanakan tugas Kanit Reskrim.

Kabid Humas Poldasu Kombes Hadi Wahyudi yang dikonfirmasi membenarkan kinerja Kanit Reskrim Polsek Percut Sei Tuan dievaluasi.

"Bukan dicopot, tapi dalam upaya evaluasi," kata Hadi, Rabu (13/10/2021) siang.

Namun, Hadi tidak menjelaskan alasan pencopotan AKP M Karokaro dari jabatan Kanit Reskrim.

Menurut informasi, pencopotan Kapolsek Percut Seituan dan Kanit Reskrim diduga kuat terkait kasus pajak Gambir, yang sebelumnya kasus pungutan liar berujung penganiayaan viral di media sosial.

Bahkan, viralnya kasus itu membuat Mabes Polri angkat bicara dan mengatensikan ke Polda Sumut serta Polrestabes Medan.

Kasus saling lapor antara Lili Gea dengan Beni S (LG vs BS) terpaksa ditarik penanganannya dari Polsek Percut Seituan ke Ditreskrimum Poldasu.

"Kasus laporan LG ditarik ke Polrestabes Medan, sedangkan laporan BS terhadap Bu Gea ditarik ke Poldasu," terang Hadi Wahyudi.

Dalam kasus itu, sebut Hadi, Kapolda Sumut langsung melakukan mediasi dan memerintahkan Direktur Reskrimum Kombes Tatan Dirsan Atmaja untuk mendalami kasus tersebut.

"Hal itu dilakukan untuk mengakhiri polemik," ujarnya.

Disebutkan, LG dan BS sudah berstatus tersangka. Terhadap BS sudah dilakukan penahanan. Namun, BS ditahan dalam kasus lain.

Kasus itu berawal dari pungli yang diduga dilakukan preman di Pajak Gambir terhadap LG, yang berjualan di pasar Gambir, beberapa pekan lalu. Kemudian, kasus itu viral di media sosial. (17M.02)


Tag:
Berita Terkait
Wartawan 17merdeka.com adalah yang namanya tercantum di susunan Redaksi. Segala proses peliputan yang diterbitkan oleh media online 17merdeka.com harus menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers. Hubungi kami: redaksi.17merdeka@gmail.com
Komentar
Berita Terkini