Minggu, 21 April 2024 WIB

Pengungsi Afghanistan Depresi dan Bakar Diri

Administrator Administrator
Pengungsi Afghanistan Depresi dan Bakar Diri
Istimewa

17MERDEKA, MEDAN -Pengungsi Afghanistan, Ahmadsyah (22), nekat membakar diri di depan gedung Forum Nine Office Building Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (30/11/2021) siang.

Koordinator pengungsi Afghanistan di Kota Medan, Muhammad Juma Mose menyebutkan, rekannya sesama pengungsi mencari suaka itu, diduga mengalami depresi hingga nekat mengambil jalin pintas untuk bunuh diri dengan cara membakar tubuhnya.

"Luka bakar 75 persen, sekarang dirawat di rumah sakit Siloam. Dia (Ahmadsyah) mengalami depresi atau gangguan jiwa," sebut Juma kepada wartawan di lokasi kejadian.

Juma mengungkapkan, sebelum aksi nekat itu dilakukan, mereka sesama pengungsi sudah mencoba menghalangi Ahmadsyah yang hendak membakar dirinya. Membujuk korban agar tidak melakukan hal tersebut.

"Dia sudah menyiram tubuhnya dengan bensin. Dia juga memegang mancis (korek api) di tangan kanan dan kiri," kata Juma.

Menurut Juma, aksi bakar diri sebagai bentuk frustasi Ahmadsyah, termasuk pengungsi lainnya. Sebab, sampai saat ini mereka belum juga dikirim ke negara ketiga.

"Korban bolak balik minta sama IOM dan UNHCR untuk diperhatikan. Tapi, mereka tidak memperhatikan sampai akhirnya dia nekat membakar diri. Badannya parah terbakar kanan kiri," tutur Juma.

Api di badan Ahmadsyah berhasil dipadamkan pihak sekuriti gedung Forum Nine. Kemudian, korban dievakuasi ke RS Siloam yang persis berada di depan gedung tersebut.

"Api sudah dipadamkan sama sekuriti dengan alat pemadam api," ujar Juma.

Juma mengungkapkan, Ahmadsyah merupakan korban ketujuh yang berhasil diselamatkan yang mencoba bunuh diri. Sebelumnya, ada 6 pengungsi yang melakukan hal yang sama.

"Ini bukan orang pertama yang mau membakar diri sudah 14 orang bunuh diri, 6 orang sudah kita selamatkan termasuk ini orang yang ketujuh kita selamatkan," kata Juma.

Juma menjelaskan, mereka sebagai pengungsi Afghanistan mencari suaka, sudah berada di Indonesia, khusus di Kota Medan selama 10 tahun. Namun, belum ada kejelasan para pengungsi untuk diberangkatkan ke negara ketiga.

Untuk mencari hak, para pengungsi Afghanistan ini menggelar aksi di depan gedung Forum Nine lebih kurang 30 hari belakang ini. Mereka membangun tenda dan tidur di depan gedung tersebut.

Di gedung Forum Nine tersebut, UNHCR berkantor. Selama mereka menggelar aksi, Juma mengatakan belum ada respon baik disampaikan UNHCR diberikan kepada para pengungsi Afghanistan itu.

"Kami minta pemerintah Indonesia tolong cari solusi terbaik. Tolong kami pak Jokowi, tolong kami Pak Gubenur," kata Juma. (17M.02)


Tag:
Berita Terkait
Wartawan 17merdeka.com adalah yang namanya tercantum di susunan Redaksi. Segala proses peliputan yang diterbitkan oleh media online 17merdeka.com harus menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers. Hubungi kami: redaksi.17merdeka@gmail.com
Komentar
Berita Terkini